Download

Events

29 April 2019

Boyolali – Gelaran seri perdana Yamaha Cup Race 2019 Boyolali, Jawa Tengah (27-28 April) sukses menyedot perhatian penonton. Mereka datang dari berbagai wilayah dan begitu antusias untuk menyaksikan kompetisi yang sudah masuk dalam 3 dekade penyelenggaraan ini. 

 

Ribuan penonton memadati area sekitaran sirkuit permanen yang memiliki panjang 1,1 km dengan berbagai tikungan variatif. Yamaha Cup Race 2019 Boyolali memberikan pesona tersendiri karena merupakan putaran awal dari perayaaan 3 dekade penyelenggaraan Yamaha Cup Race di tanah air. YCR sendiri merupakan ajang one make race yang secara konsisten dihadirkan setiap tahun oleh Yamaha Indonesia sebagai wadah pembibitan pembalap muda potensial.

 

“Penonton dan peserta begitu antusias dalam Yamaha Cup Race 2019 Boyolali yang menjadi seri pembuka dari perayaan 3 dekade penyelenggaraan Yamaha Cup Race. Mereka sangat menikmati balapan. Terlihat padat di berbagai area. Starter yang ambil-bagian juga tidak hanya dari tim pabrikan, juga privateer banyak yang bertarung, “ujar M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang hadir langsung di Yamaha Cup Race 2019 Boyolali yang diramaikan 264 starter. 

 

Pertarungan balap yang tersaji begitu atraktif dan berlanggsung sengit. Hal inilah yang menjadi magnet bagi para warga Boyolali untuk memadati area sekitaran sirkuit. Contohnya pada kelas Moped 150 cc Tune-up (YCR 1) yang diramaikan oleh para racer nasional yang tidak hanya datang dari Pulau Jawa seperti Yamaha Akai Jaya (Palu, Sulteng), Yamaha BKS (Kaltim) dan lainnya. 

 

Persaingan ketat antara M Erfin (Yamaha Bahtera Racing) dan Herman Bas (Yamaha Akai Jaya) begitu atraktif sejak lap awal hingga bendera finish dikibarkan. Mereka saling melakukan overtake dengan berbagai manuver untuk memperebutkan podium tertinggi.

 

Kemudian yang tidak kalah menarik ditonton adalah Bebek 2 Tak 116 cc Standar Open (YCR8), Sport 2 Tak s/d 140 cc Non Built Open (YCR 11) yang dipenuhi pengguna RX King dan kelas Yamaha Aerox 155 cc Standar Open (YCR 12).  Untuk kelas Aerox 155 sendiri diramaikan oleh 19 rider dan bersifat terbuka. Dengan demikian pihak pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyiapkan langsung motor balap tersebut bagi siapa saja yang ingin merasakan ketangguhan Yamaha Aerox 155 diatas lintasan sirkuit ‘Semut Aspal’. 

 

“Ini saya pertama kali balap dengan Aerox 155. Motornya enak diajak menikung. Termasuk stabil saat masuk dan keluar tikungan,” tutur Azi Zihad yang meraih podium juara dengan tim FBRT CLD RBT 34 Strokes55.

 

Makin spesial, kelas-kelas rookie yang dihuni oleh para bibit-bibit muda potensial seperti YCR3 dan YCR7 yang masing-masing diramaikan sebanyak 23 dan 18 starter. M Jordan dan Nicky Hayden yang berusia 12-13 tahun sukses meraih podium terbaik. Hal ini turut menjadi salah satu bukti konsistensi Yamaha dalam melakukan pembinaan terhadap rider-rider muda yang berbakat. 

 

Yamaha Indonesia juuga mengapresiasi kehadiran para tim privateer dengan memberikan hadiah untuk privateer terbaik di kelas YCR1 (Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Seeded), YCR2 (Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Novice) dan YCR3 (Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Rookie). Dalam hal ini, masing-masing diiberikan kepada Agus Setiawan (SS1 Karya Fajar Timur StreetWheel), Aditya Fauzi (Madu Kritsal GDT YMR RRS) serta M. Jordan (Aira YDJ14 The Srokes55 Racing Team).

 

Disamping persaingan para rider, Yamaha Indonesia turut menyuguhakan hiburan spesial dari freestyler internasional asal kota Boyolali yaitu Wawan Tembong dan Wahyu Nugroho. *Selain itu, ada berbagai penawaran menarik di booth-booth yang menjual produk aksesoris dan apparel dari pihak sponsor yang meliputi Yamalube, Idemitsu, Kayaba, NGK, Pirelli dan IRC. Tidak ketinggalan aktivitas sales yang menjual berbagai line up motor terbaru dari Yamaha seperti Lexi dan Freego dengan harga spesial.