Menu

Download

Press Release

13 December 2018

Iwata, Jepang dan Singapura, 13 Desember 2018 - Yamaha Motor Co., Ltd. (“Yamaha Motor”) dan Grab Holdings Inc. (“Grab”), platform online-to-offline (O2O) terkemukan di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah sepakat untuk membentuk kerjasama strategis dalam bisnis layanan pemesanan angkutan sepeda motor (ojek online) di kawasan Asia Tenggara dengan fokus utama di Indonesia. Sebagai bagian dari perjanjian kerjasama, Yamaha Motor akan menginvestasikan 150 juta dolar AS kepada Grab.

Melalui kerjasama ini, Yamaha Motor dan Grab berkomitmen untuk menyediakan layanan mobilitas generasi lanjut dengan menerapkan solusi serta inovasi yang 1) memanfaatkan teknologi Yamaha Motor serta pengetahuan dalam aspek keselamatan sepeda motor untuk menciptakan rasa berkendara yang aman serta penuh percaya diri diantara para mitra pengendara Grab dalam merespon permintaan layanan ojek online yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. 2) mempermudah proses pembelian sepeda motor bagi mereka yang bergabung (atau sedang mempertimbangkan untuk bergabung) dalam jasa pelayanan ojek online.

Sebagai bagian dari Visi Jangka Panjang 2030 yang disampaikan pada 11 Desember, dan di bawah slogan "ART for Human Possibilities," kerjasama ini memanfaatkan teknologi robotika (Advancing Robotics) untuk menyelesaikan beragam isu sosial melalui inisiatif dengan gaya unik Yamaha (Menawarkan Solusi), dan mempromosikan inovasi dalam bentuk mobilitas (Transformasi Mobilitas). Dengan demikian, kondisi ini akan memperluas kesempatan yang dimiliki oleh semua orang serta menciptakan kehidupan yang lebih baik dan memuaskan.

Yamaha Motor turut memiliki tujuan untuk meningkatkan basis pelanggan Grab di Asia Tenggara serta mempelajari lebih jauh terkait pengetahuan tentang bisnis angkutan sepeda motor guna pengembangan produk di masa mendatang.

Grab adalah salah satu platform mobile O2O yang paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan beragam layanan penting yang dapat mendukung kebutuhan sehari-hari bagi konsumen. Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh ke lebih dari 125 juta perangkat seluler, memberi pengguna akses ke lebih dari 8 juta pengemudi, pedagang, serta agen. Grab memiliki armada transportasi darat terbesar di kawasan tersebut dan telah menyelesaikan lebih dari 2,5 miliar pesanan jasa mobilisasi menggunakan sepeda motor sejak didirikan pada 2012. Grab menawarkan jangkauan terluas layanan transportasi on-demand di kawasan Asia Tenggara, di samping layanan pengiriman makanan dan paket di 235 kota yang ada di 8 negara.

"Kami mengantisipasi kemajuan signifikan melalui kerjasama strategis dengan Grab Holdings. Selain meningkatkan keamanan serta kepercayaan pengguna dan pengemudi melalui penggabungan teknologi Yamaha Motor dalam sistem transportasi baru yang melibatkan partisipasi pengguna, kami juga mengantisipasi peningkatan lebih lanjut atas nilai sepeda motor dalam sistem mobilitas masa depan, dan mencoba untuk menciptakan solusi mobilitas baru”. Komentar Executive Officer Takuya Kinoshita, Chief General Manager of Motorcycle Business Operations, Yamaha Motor Co., Ltd.

“Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Yamaha untuk mengembangkan dan memberikan layanan mobilitas yang aman kepada mitra pengemudi sepeda motor kami di Indonesia. Keselamatan mitra pengemudi dan penumpang adalah hal yang sangat penting bagi kami dan kami akan terus bekerja sama dengan mitra kami untuk meluncurkan solusi inovatif dan inisiatif yang membuat Grab menjadi platform berkendara yang paling aman dan paling dapat diandalkan di Asia Tenggara.” Komentar President Grab, Ming Maa.

                                                                                                                                 ***

Tentang Yamaha Motor

Dimulai dengan bisnis sepeda motor sebagai pondasi dasar, Yamaha Motor telah memanfaatkan kompetensi utamanya dalam bidang teknologi small-engine, body kendaraan / teknologi lambung kapal, dan teknologi kontrol untuk menjangkau beragam bisnis seperti bisnis kemaritiman (perahu, mesin kapal, dll.), bisnis produk listrik (mobil salju, generator, dll.), robot industri, sepeda listrik, dan mesin mobil. Yamaha Motor Group mencakup 140 perusahaan di 30 negara dan wilayah di seluruh dunia, yang bekerja melalui pengembangan produk, manufaktur, dan penjualan, untuk mewujudkan Misi Perusahaan kami menjadi "Kando* Creating Company”.

*Kando adalah kata dalam bahasa Jepang untuk perasaan simultan atas kepuasan mendalam dan kegembiraan intens yang kita alami ketika kita menemukan sesuatu yang bernilai luar biasa

Tentang Grab

Grab adalah salah satu platform mobile O2O yang paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan beragam layanan penting yang dapat mendukung kebutuhan sehari-hari bagi konsumen. Berpergian, makan, mengirim belanjaan - dan kemudian membayarnya dengan sistem e-wallet. Grab percaya bahwa setiap Asia Tenggara harus mendapat manfaat dari ekonomi digital, dan perusahaan menyediakan akses ke transportasi, pengiriman makanan dan paket yang aman serta terjangkau, pembayaran seluler dan layanan keuangan. Grab saat ini menawarkan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.grab.com