Product

Dealer

Credit

Konsultasi

Service

bLU cRU

Antusiasme Tinggi 188 Starter Seri 1 bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika, Komunitas Berikan Apresiasi

24 August 2023

product-picture

Seri pertama gelaran bLU cRu Yamaha Sunday Race 2023 di sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (19-20 Agustus 2023) terbukti spesial diikuti oleh 188 starter. Animo luar biasa dari peserta terlihat dalam kompetisi yang rutin digelar PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sejak tahun 2015 ini.

 

Peserta bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023

Kelas R25 Comm B menjadi kategori yang paling banyak diminati dengan kehadiran 30 starter. Di sini bertarung komunitas diantaranya dari YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia) yang datang dari berbagai chapter, juga ROCK, TROW, YARRCI, Cornering Indonesia, YR15CI dan lainnya. Tidak kalah spesial, fakta bertambahnya peserta kelas Superstock Up 1000 cc yang diramaikan 25 starters. Jarang terjadi demikian, ini menunjukkan penggemar balap motor besar berkapasitas 600 cc ataupun 1000 cc semakin banyak.

Komunitas yang ikut berkompetisi mengaku sangat puas dengan pengalaman yang mereka dapatkan. Mereka bisa merasakan sensasi balapan di sirkuit Mandalika yang selama ini menjadi tempat digelarnya ajang balapan dunia MotoGP dan WorldSBK. Komunitas mengapresiasi kepedulian Yamaha Indonesia yang memberikan support bagi mereka terkait akomodasi keberangkatan motor menuju Lombok, sewa paddock tim dan lain-lain.

”Kami sebagai peserta sangat senang dan bangga, hampir tidak percaya kami dapat merasakan aspal trek Mandalika, dimana sebelumnya kami selalu merasakan Yamaha Sunday Race di Sentul. Seiring berjalan waktu, kami dapat merasakan dan pada akhirnya Yamaha memberikan support kami sampai di sini. Mulai dari akomodasi dan biaya pendaftaran murah. Harapan saya, ini dapat dilanjutkan pada seri berikutnya dan tahun berikutnya. Total jumlah peserta dari YROI ada sekitar 44 pembalap di semua kelas, termasuk ada pembalap kami yang ikut kelas Pro,” ungkap Dani, selaku koordinator racing dari YROI yang didampingi Wahyu Arjuna sebagai Ketua Umum YROI.

 

Baca Juga: Restart & Rev Up Your Racing Spirit, One Make Race Yamaha Digelar di Mandalika!

 

Komunitas memang menunjukkan antusiasme tinggi karena dapat menyalurkan hobi balapan dan bersaing secara kompetitif di tiap kelas komunitas yang disuguhkan Yamaha. Tak heran mereka konsisten mengikuti ajang bLU cRU Yamaha Sunday Race.

”Kami selalu berpartisipasi sejak Yamaha Sunday Race 2015 hingga sekarang. Kami mewakili YARRCI mengucapkan terimakasih kepada Yamaha yang sudah memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat merasakan sirkuit Mandalika Lombok. Dari kami ada 8 pembalap yang mengikuti seri pertama ini. Dua pembalap di kelas Superstock 600, sisanya di R25 Comm Pro dan R25 Comm B,” tutur Reza, koordinator YARRCI.

Sehubungan misi pembinaan dalam bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika berlangsung dalam kelas Idemitsu Junior Pro. "Pejuang Semakin Di Depan" yang beberapa waktu lalu merebut podium juara balap dunia WorldSSP300 yaitu Aldi Satya Mahendra, menjadi mentor atas 15 pembalap yang terlibat berusia 11 hingga 16 tahun.

 

Juara Umum bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023, Seri 1

Aldi Satya Mahendra memberikan pengarahan coaching clinic menyangkut racing line, titik pengereman dan momen saat buka-tutup throttle gas. Sesi komunikasi dalam tanya jawab juga berlangsung setelah sesi latihan bebas ataupun kualifikasi dan race. Tujuannya agar rider Idemitsu Junior Pro dapat terus melakukan progress catatan waktu yang lebih tajam ataupun race pace yang stabil dalam setiap sesi yang dilalui.

Pada kelas bergengsi R25 Pro, pembalap asal Yogyakarta yaitu Galang Hendra Pratama sukses menjadi yang terbaik dengan meraih poin terbanyak. Petarung tim Yamaha BAF Yamalube Akai Jaya MBKW2 ini merebut podium juara di race ke-2 dan sebelumnya podium runner-up di race 1. Menarik perhatian karena saat race ke-2 Minggu, pacuan Yamaha YZF-R25 Galang Hendra Pratama menggunakan fairing spesial dengan tema kemerdekaan HUT RI ke-78 yang dominan warna merah putih.

 

Baca Juga: Perdana, Gelaran bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 Digelar di Sirkuit Mandalika

 

“Hasil dua podium juara di kelas R25 Pro dan R15 Pro, juga satu podium runner-up R25 Pro begitu memuaskan. Ini adalah kerja keras anak-anak selama ini menjalani riset dan pengembangan. Untuk race ke-2 R25 Pro di hari Minggu, memang kita menyiapkan fairing khusus warna Merah-Putih karena masih dalam suasana HUT RI ke-78, Yamaha Extremely Max Semakin di Depan full Gaspoll !" ujar Andi Raja Limbunan selaku pemilik tim yang hadir langsung di bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika.

 

Kelas Baru bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023

Di samping itu, dua kelas baru dalam bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika yakni MX King 150 Open dan Aerox 155 Community mendapatkan respon positif. Para pembalap terbaik nasional juga ikut bersaing dalam MX King 150 Open yang diikuti 12 starter, sedangkan dalam kategori Aerox 155 Community ambil bagian 19 starter. Mereka semua tergabung dalam wadah ARCI (Aerox 155 Riders Club Indonesia).

Two people on motorcycles on a race trackDescription automatically generated

Kesuksesan penyelenggaraan seri 1 bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 ini juga berkat dukungan para sponsor Idemitsu, Yamalube, Kayaba, IRC Gajah Tunggal, Motobatt, Zuttoride, Yamaha Genuine Part (Handal Teknisinya Asli Sparepartnya) dan SKY (Service Kunjung Yamaha).