Product

Dealer

Credit

Konsultasi

Service

Corporate

40 TAHUN, YAMAHA INDONESIA CAPAI PRODUKSI 30 JUTA UNIT MOTOR

20 June 2014

product-picture

JAKARTA - Yamaha Indonesia tumbuh dan berkembang pesat hingga menginjak usia ke-40 pada tahun ini. Sudah banyak kontribusi yang diberikan untuk negara dan konsumen melalui produk-produknya yang berkualitas tinggi.
 
Tercatat sejak berdiri pada 1974 hingga 2014 ini, Yamaha Indonesia telah memproduksi 30 juta unit motor. Jika melihat dari 5 tahun terakhir (2010 – Juni 2014), segmen matik menjadi penyumbang terbesar dalam penjualan Yamaha yaitu 52,9 persen, disusul segmen bebek 32,5 persen dan sport 14,6 persen.
 
Pamor Yamaha bisa dibilang kian mencuat sejak lahirnya Mio. Hadirnya Mio memberikan perubahan besar di pasar Indonesia karena menjadi tren dan favorit konsumen yang melegenda sepanjang masa.  Diperkenalkan perdana di tahun 2003, Mio langsung booming dan jadi primadona. Dalam perjalanannya, Mio mengukir sejarah sebagai motor produksi ke-20 juta Yamaha Indonesia tepat di Hari Kartini pada 21 April 2011. Pangsa pasar Mio terus berkembang sehingga jumlah total penjualannya terhitung dari saat muncul pertama kali di 2003 hingga Mei 2014 menyentuh 8 juta unit. Citra Mio pun diabadikan dalam berbagai event prestisius seperti kunjungan Miss Universe ke Indonesia, Lady Mio, Miliarder Yamaha, Mio Suka Suka dan rangkaian kegiatan Mio 10th Anniversary di 2013 lalu. Setelah Mio, lahir matik-matik Yamaha lainnya seperti Xeon, Mio Fino, Mio J, Soul GT, Mio GT, X-Ride dan GT125.

Sementara di segmen sport, tahun ini Yamaha menggebrak pasar motor Indonesia dengan meluncurkan dua jagoannya, R15 dan R25. Setelah lama dinantikan konsumen dan akhirnya mimpi itu terpenuhi, membuat konsumen semakin agresif memburunya. Strategi penjualan melaui inden online berhasil mencetak sejarah dalam penjualan sepeda motor di Indonesia dimana ribuan unit langsung ludes dalam satu hari. Antusiasme besar konsumen berlanjut di ”pasar nyata” baik di diler maupun event Yamaha, dimana sebagian besar konsumen melakukan pembelian secara langsung. Antusiasme konsumen yang sangat besar terlihat jelas dalam launching R15 dan R25 yang dilakukan Yamaha pusat maupun area-area, momen Jakarta Fair pun menjadi saksi meledaknya penjualan R15 dan R25 hingga ratusan unit. Pencapaian penjualan R15 menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan tipe motor lainnya, termasuk dari segmen matik. Dari data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) pada bulan Mei yang merupakan bulan pertama catatan penjualan R15, ada 5.394 unit yang terjual.

Hadirnya R15 dan R25 memperkuat segmen sport Yamaha, dengan V-Ixion masih tetap menjadi Raja Motor Sport Indonesia. Sejak kemunculan perdananya di 2007 hingga Mei 2014, V-Ixion sudah terjual 1,7 juta unit dalam perjalanannya sebagai motor sport dengan penjualan tertinggi. Motor injeksi pertama di Tanah Air itu membuka jalan terbentuknya lifestyle masyarakat Indonesia untuk mengarah kepada motor sport hingga kian menguat bersama R15 dan R25.

Di segmen bebek, Yamaha berinovasi melahirkan Jupiter Z1 dibekali teknologi injeksi dan terbukti menjadi motor injeksi pertama yang menjuarai Indoprix, kompetisi balap motor bebek road race tertinggi di Indonesia. Bahkan beberapa kali motor tersebut menorehkan sejarah dengan mencetak catatan waktu tercepat sirkuit Sentul Karting International dan Kenjeran. Jupiter MX pun tercatat sebagai bebek Yamaha dengan penjualan terbanyak, hingga di tahun 2014 ini (Januari – Mei) mencapai 90.705 unit. Tahun lalu pun Yamaha meluncurkan Force, Bebek Modern yang Handal di Setiap Aktivitas untuk memperkuat barisan motor injeksinya.