Corporate
Komponen Mulai Didistribusikan, Konsumen YZF-R25 dan MT-25 Sambut Baik
24 June 2016
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi telah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada konsumen YZF-R25 dan MT-25 terkait penggantian komponen yang menjadi perhatian lebih saat ini. Penggantian komponen tersebut diberikan secara cuma-cuma, konsumen tinggal datang ke seluruh dealer R-Shop Yamaha mulai tanggal 12 Juli 2016.
Adapun komponen yang diganti adalah Pressure Plate Assy & Oil Pump Assy (berkenaan dengan kinerja mesin) dan Front Brake Hose (berkenaan dengan fungsi rem). Surat pemberitahuan resmi menyangkut penggantian komponen tersebut dapat dilihat di website korporat PT YIMM : http://www.yamaha-motor.co.id/newsdetail/archive/2016/june/article/surat-pemberitahuan-resmi.html
Komponen yang diganti berlaku untuk unit YZF-R25 dan MT-25 produksi semua tahun dengan nomor rangka sebagai berikut :
YZF-R25 Non ABS :
MH3RG1020EK001001 – MH3RG1020GK020622
YZF-R25 ABS :
MH3RG0140FK001001 – MH3RG1040GK002260
MT-25 :
MH3RG1010FK001001 – MH3RG1010GK006380
MH3RG1010FK001001 – MH3RG1010GK006080
Komponen yang diganti untuk YZF-R25 Non ABS dan YZF-R25 ABS adalah Pressure Plate Assy dan Oil Pump Assy. Sedangkan untuk MT-25 adalah Clamp Front Brake Hose.
”Dengan surat pemberitahuan resmi yang telah kami umumkan hari ini, konsumen sudah mendapatkan solusi terbaik untuk mengganti komponen yang kami berikan secara gratis. Ini menjadi tanggung jawab Yamaha untuk memberikan solusi ini. Komponen pengganti sudah mulai kami distribusikan ke dealer-dealer dan mekanik kami sudah paham bagaimana menanganinya. Jangan lupa ke dealer R-Shop mulai tanggal 12 Juli setelah libur Lebaran,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Sementara itu, dari suara konsumen sendiri menanggapi gembira kabar resmi dari Yamaha. ”Itu merupakan bentuk tanggung jawab dan niat baik Yamaha. Inilah titik terang bagi kami sebagai konsumen. Bagi saya pribadi, tidak panik saat tahu tentang recall tersebut, menurut saya pemilik motor 250 cc ke atas sudah dewasa dalam arti kami tahu hal seperti itu pasti akan ditindaklanjuti ATPM. Recall bukan berarti produk gagal. Diantara sesama pemilik MT-25 kami share informasi, diskusi dan saling komunikasi mengenai ini,” tutur Berlan, salah satu konsumen MT-25 yang juga Sekjen komunitas MTRI (Master of Torque Riders Indonesia) .
”Di website Yamaha saya lihat surat pemberitahuan resmi mengajak konsumen bisa mengganti komponen secara cuma-cuma. Ini adalah tanggung jawab Yamaha, tidak sampai after sales saja. Jika ada hal seperti recall, konsumen diberitahukan secara resmi melalui website korporat, termasuk untuk jalan keluarnya bagaimana. Tentunya kami menyambut baik langkah Yamaha ini,” cetus Teguh Arifianto, konsumen YZF-R25 yang juga founder komunitas Ravens United R25.