Corporate
Matik-Matik Yamaha Naik Pesat di Tasikmalaya
11 December 2016

Aktivitas marketing, after sales & service dan sparepart & apparel yang berjalan sinergi menjadi kunci sukses dealer Yamaha di Kota Tasikmalaya yakni Berlian Tasik (Deta Group). Nmax, X-Ride, Mio Z dan Fino 125 paling diburu konsumen di dealer itu.
Sedangkan untuk seluruh area Tasikmalaya, Mio Z paling laris rata- rata per bulan terjual 300 unit. Lalu Fino 125, X-Ride, Nmax.
"Matik
retro pasarnya lagi naik di Tasikmalaya karena konsumen sudah cenderung
ke arah lifestyle, memilih desain dan tampilan. Ada kenaikan penjualan
100 % untuk Fino di 11 bulan pertama tahun ini dibandingkan periode yang
sama tahun lalu. X-Ride naik 36 %. Kenaikan ini juga karena komunitas
yang makin suka X-Ride. Tiap 3 bulan sekali kami ajak komunitas turing
ke daerah-daerah yang geografisnya cocok untuk adventure. Kalau Fino
komunitasnya terus tumbuh, mereka punya tempat hang out sendiri buat
ngumpul," jelas Hadiansyah, bagian Area Marketing Development Priangan
Timur (Tasikmalaya sampai Priangan).
"Nmax di sini disukai konsumen pecinta motor premium dan kalangan mahasiswa. Sedangkan X-Ride makin diminati setelah mendapatkan perubahan warna dan grafis, ada program kerjasama dengan leasing, gencarnya kegiatan-kegiatan adventure yang sesuai dengan karakter X-Ride," tambah Edwin Permana, Kepala Cabang Dealer Berlian Tasik.
Untuk memanjakan konsumen, saat digelarnya Final Yamaha Cup Race di sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, 10-11 Desember 2016, area exhibition menjadi tempat konsumen lebih mengenal produk-produk Yamaha yang berteknologi Blue Core, MAXI Yamaha, R Series. Promo pun tersedia seperti khusus untuk Mio Z DP Rp 1,5 juta (lebih kecil dari reguler) atau 4 bulan potongan cicilan. Diskon apparel juga diberikan, 10 persen buat apparel 46 Asia dan 15 persen yang bukan 46 Asia.
Komunitas Yamaha merupakan pangsa pasar besar buat penjualan apparel 46 Asia. "Apparel 46 Asia ini selalu ada dalam aktivitas sinergi kami dengan kegiatan marketing dan after sales & service. Dalam satu event ada apparel, marketing dan after sales & service ampuh menarik konsumen untuk datang dan melakukan pembelian. Reguler kami sudah menjalankannya dengan melihat titik-titik dan daerah-daerah yang secara kualitas konsumennya bagus," papar Edwin